2 Ponsel Android Terbaik Di Ajang World Mobile Congress 2015

Tahun 2015 adalah tahun kejayaan dimana berbagai teknologi ponsel canggih mulai melebarkan sayapnya untuk terus melaju menjadi yang terdepan. Meski menurut data statistik, Ponsel Android keluaran Samsung masih mendominasi, namun Samsung harus hati-hati dengan pergerakan ponsel Android terbaik lain terutama keluaran HTC. Mereka di tahun 2014 telah mewakilkan smartphone terbaiknya di daftar ponsel terbaik tahun 2015. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari ponsel tersebut, kami berikan sebuah infonya secara terperinci.

advertisement

Samsung Galaxy S6

Meski memiliki kemiripan dengan kerabatnya yaitu Samsung Galaxy S6 Edge, namun Samsung Galaxy S6 memiliki desain yang berbeda dari tampilan luarnya. Smartphone Android ini tidak memiliki layar lengkung seperti Samsung kerabatnya tersebut. Desain layar yang tipis dengan ketebalan 6.8 mm ditampilkan oleh ponsel terbaik yang berukuran 5.1 inch tersebut. Selain tampak ramping, Samsung Galaxy S6 memiliki kerapatan yang sempurna yaitu -557 ppi dan terlindungi oleh lapisan Gorilla Glass 4 baik di bagian depan maupun di bagian belakang. Untuk bahan materialnya, ponsel pintar ini menggunakan material metal dengan berat 138 gram. Cukup ringan dan nyaman dibawa.

samsung galaxy 6

Tampilan Fisik Samsung Galaxy 6

Untuk menguatkan komposisi didalamnya, digunakan dapur pacu gabungan dari Quad 2.1 GHz Cortex-A57 dan Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 yang berpadu dengan Chpset 64 Bit Samsung Exynos 7420. Bagi Anda yang menginginkan kecepatan dalam pembukaan berbagai aplikasi, tenang saja karena produk Samsung ini telah menggunakan RAM 3 GB dengan teknologi LPDDR4 yang ditambah GPUU Mali-T760. Sistem operasinya pun kini beranjak ke tingkat tertinggi yaitu Android Lollipop yang diberi sentuhan TouchWiz UI.

Dari segi fasilitasnya, kamera sebuah ponsel Android terbaik tentu harus memiliki ketajaman gambar yang bagus. Untuk itu, smartphone Samsung Galaxy S6 telah menyisipkan 16 MP dengan kemampuan OIS (optical Image Stabilization) serta perekam video yang mencapai UltraHD. Kamera depan yang berlensa 5 MP sama seperti kerabatnya. Boleh jadi kemampuan smartphone Samsung ini mampu mengalahkan iPhone 6 saat memotret video  dengan kondisi yang minus cahaya. Bagi yang suka bersosial sekaligus mencari informasi, Samsung S6 mampu mencapai jaringan LTE Cat.6 dengan daya tahan baterai hingga 2550 mAh.

advertisement

Untuk segi penyimpanan, Samsung Galaxy S6 memiliki memori internal mulai dari 32 GB, 64 GB hingga 128 GB dengan koneksi yang bervariasi mulai dari Wifi, BluetoothV4.1, infrared, microUSB dan USB host.

Namun yang disayangkan dari Samsung Galaxy S6 adalah baterainya yang tidak bisa dicopot sehingga sangat sulit jika harus mengganti baterai yang terlanjur rusak. Untuk penyimpanannya pun hanya bisa dilakukan di memori internal. Hal ini karena smartphone tersebut tidak menyisipkan ruang untuk memori eksternal. Jadi Anda hanya tinggal pilih Ponsel Samsung yang berinternal 32 GB, 64 GB atau 128 GB. Harga yang dibanderol sekitar 10 jutaan ini kurang juga dalam hal kelengkapan anti air dan anti debu seperti yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S5. Jadi, siapkah untuk membelinya?

Baca Juga Review Lengkap Samsung Galaxy 5

HTC One M9

HTC one M9 memang bisa dikategorikan sebagai salah satu ponsel Android terbaik yang dirilis saat acara World Mobile Congress 2015. Berbarengan dengan Samsung Galaxy S6 Edge yang dirilis saat itu juga. Meski berbarengan, Chipset yang gunakan sangat berbeda. HTC One M9 menggunakan Chipset asal Qualcomm dengan seri Snapdragon 810. Dukungan penuh dilakukan oleh HTC dengan mengkonfigurasi ke prosesor Octa Core 64 Bit yang memiliki kecepatan Quad Core 2 GHz Cortex-A57 dan Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53. Untuk kelancaran dalam penggunaannya, digunakan RAM sebesar 3 GB dan sistem operasi Android Lollipop yang berpadu dengan pengolahan grafis Adreno 430.

HTC One M9

Penampakan Fisik HTC One M9

Sebagai kelengkapan, disisipkan kamera yang cukup tajam yaitu 20.7 Megapixels dengan tambahan Dual LED Tone Flash sekaligus kemampuan merekam dengan kualitas ultraHD. Pada bagian depan, ditambahkan kamera 4 Megapixels berteknologi Ultrapixels dengan kualitas rekaman Full HD 1080p. Untuk ketahanan baterai digunakan baterai Li-Po 2840 mAh.

Meski desainnya cukup menarik dengan berlapis metal berdimensi 144.6 x 69.7 x 9.6 mm dan berukuran 5 inch, namun layar yang digunakan yaitu Super LCD3 yang lebih rendah dibanding ponsel Android lain yang menggunakan layar beresolusi Quad HD. Namun meski begitu, HTC tetap membekali layarnya dengan lapisan Gorilla Glass 3 dan konektivitas berteknologi LTE Cat.6 yang mencapai kecepatan 300 mbps. Dengan demikian terlihat perbedaan dari 2 ponsel Android terbaik ini. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *