LG Optimus G Pro vs Lenovo K900 Review

Info LG Optimus G Pro vs Lenovo K900 Review

advertisement

Perkembangan teknologi dan ketatnya persaingan membuat beberapa vendor meluncurkan produk-produk terbaru. Persaingan antar vendor ini lebih diutamakan pada kinerja produk tersebut.Berikut ini komparasi antara pabrikan asal Korea yaitu LG Optimus G Pro dengan pabrikan asal Cina yaitu Lenovo K900. Ada hal yang menarik saat mengkomparasi dua produk premium dari Korea dan Cina ini. Kenapa bisa menarik maka kita ikuti ulasan berikut ini.

Sekilas LG Optimus G Pro vs Lenovo K900 Review

Desain

Desain dari kedua produk ini jauh berbeda. G Pro berkesan dinamis dicirikan dengan sudut roundednya. Sementara K900 lebih berbentuk kotak. Material yang digunakan G Pro terlihat ringkih dibandingkan Lenovo K900. Bodi berbahan plastik pada G Pro mengesankan ponsel berharga mahal ini menjadi sedikit berkurang.

Kekurangan pada bahan material bodi tertutupi dengan tekstur ala futuristik. Lain pula dengan K900 yang dikemas cantik dengan balutan warna coklat emas dengan casing yang terlihat tangguh di cover depan dan belakang. Material yang digunakan K900 berbahan plastik  namun tetap elegan dan semakin kelihatan kokoh dengan adanya empat baut pengunci bagian belakang. Cita rasa saat mengenggam kedua ponsel sungguh berbeda. Body glossy yang ditawarkan G Pro bisa pas dan nyaman dalam genggaman. Sementara K900 terkesan kaku tapi tetap menunjukkan kelas tersendiri.

Optimus G Pro jauh lebih terang dibandingkan K900. Terbukti bila di luar ruang,tingkat keterbacaan lebih nyaman dibandingkan K900.Kelemahan pada K900 tersebut diselamatkan dengan adanya pelindung layer Corning Gorilla Glass 2. Karakteristik tampilan pada menu utama dann homescreen pada kedua ponsel ini juga berbeda. Optimus G Pro lebih memberikan sentuhan yang khas. Homescreen dengan widget default nampak di muka. Face sistem operasi Jelly Bean menawarkan tujuh halaman utama.

Sedangkan K900 sedikit berbeda, jumlah halaman utama terdapat sembilan buah. Ada yang menarik pada saat mengunjungi menu utama G Pro terdapat 30 ikon yang dipajang tiap halaman dibandingkan dengan K900 yang hanya 20 ikon sehingga kurang menguntungkan bagi pengguna.

LG Optimus G Pro vs Lenovo K900 Review

LG Optimus G Pro vs Lenovo K900 Review

Performa

Kedua ponsel memiliki kinerja yang jauh berbeda.Letak perbedaan pada prosesor yang digunakan. K900 mengandalkan prosesor milik PC dan laptop yaitu Intel Atom. Sementara G Pro menggunakan Snapdragon dari Qualcomm. Perbedaan ketangguhan kedua ponsel ini bisa diuji dengan beberapa software seperti Quadrant yang memberikan penilaian yang berbeda antara kedua ponsel. Optimus G Pro lebih tangguh dibandingkan K900.

advertisement

Begitu pula saat memutar video klip dengan format MP4 ternyata keduanya bisa memutar file dengan sempurna. Namun secara visual terlihat perbedaan, G Pro terlihat lebih cerah dengan kekontrasan warna yang lebih unggul bila dibandingkan dengan K900. Ketahanan baterai keduanya cukup mumpuni dengan beberapa penggunaan keperluan mampu dilahap keduanya. Untuk lebih fokus perhatian pada tingkat over heat baterai. Baterai yang dimiliki K900 lebih kerap panas pada saat permainan game  yang tidak terlalu lama. Sedangkan G Pro relatif lebih hangat.

Keunggulan dan kekurangan pada audio yang dimiliki kedua ponsel ini juga sedikit berbeda. Secara keseluruhan kualitas bermusik tergolong mumpuni.Yang terlihat berbeda pada pengaturan. Optimus G Pro tidak menayangkan kombinasi equalizer dan dolby mobile saat handsfree belum tertancap.

Lain dengan K900 yang membenamkan  sepuluh pilihan equalizer. Kekurangan pada G Pro tertutupi dengan handsfree yang menghasilkan suara yang mantap. Meski  K900 juga tidak kalah galak.Konektifitas juga memberikan peranan penting karena kecepatan bertransfer data sudah menjadi kebutuhan yang mutlak.Untuk berkirim gambar dengan besaran file yang sama, G Pro lebih mumpuni dibandingkan K900. Untuk WiFi hotspot keduanya cepat terkoneksi dengan device lain namun baterai menjadi cepat terkuras. Penggunaan memori internal di kedua ponsel cukup besar yaitu 10 GB. Terdapat perbedaan pada memori eksternal, G Pro memberikan slot Micro SD dengan besaran maksimum 32 GB.Sementara K900 tidak menyediakan slot untuk memori eksternal.

Kamera

Optimus G Pro dan K900 memiliki karakter kamera yang berbeda. Pada ruang yang gelap dapat memberikan hasil postif dibandingkan K900. Pada G Pro, penguncian objek mampu cepat bereaksi sehingga hasil tetap fokus dan tidak membayang.

Sementara K900 hasilnya tidak terlihat optimal ditunjukkan dengan gambar yang blur dan berpasir sehingga tidak tajam.Penguncian objeknya tidak bisa fokus sehingga kamera seolah bingung menentukan arah. Di dalam ruangan yang diterangi lampu neon, gambar yang dihasilkan G Pro lebih terlihat terang dan menawan. Di luar ruangan,kualitas kamera G Pro terlalu terang sehingga foto terlihat kurang nyaman  dipandang mata.Tetapi kekurangan tersebut dapat diakali dengan pengaturan.

Sementara K900 bisa mendapat hasil yang lebih nyata dan beragam karena ponsel ini dilengkapi dengan fitur beragam pilihan dengan efek untuk hasil yang bervariasi. Kamera depan K900 menghasilkan sudut yang lebih lebar dibandingkan G Pro.Nah,inilah yang disukai para “narsisme”karena sudut yang lebar menguntungkan penggunanya. Begitu pula bila berkomunikasi berbasis video bisa memuat gambar tidak hanya dengan satu orang tapi objek yang direkam bisa meluas.

Kesimpulan

Harga yang kompetitif dengan kisaran harga 5 jutaan dan rentang harga 500 ribuan, secara keseluruhan K900 memiliki kekuatan prosesor yang membuat ponsel ini berkinerja baik.Namun,untuk hasil keseluruhuan G Pro terbukti lebih tangguh. Ponsel yang nantinya bakal menjadi pilihan Anda tergantung dari kebutuhan dan selera masing-masing personal.

advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *