Penyebab Android Panas (Overheating) dan Cara Mengatasinya

Hari ini mungkin orang akan sulit membayangkan jika hidupnya tanpa sebuah tool yang disebut dengan smartphone. Jadi bisa dibilang smartphone, handphone, tablet, atau semacamnnya menjadi bagian yang penting dalam hidup manusia saat ini. Semakin banyak ragam aktifitas kita yang kemudian menjadikan kit butuh akan alat yang satu ini. Namun demikian ingatlah selalu kalau andalah yang mengendalikan smartphone anda bukan sebaliknya smartphone mengendalikan anda.

advertisement

Smartphone saat ini didominasi oleh android dari google. Masalah yang paling umum yang sering muncul dengan smartphone android adalah masalah panas (overheating). Masalah ini adalah masalah yang sama yang dihadapi jutaan atau miliaran orang di dunia. Banyak sekali HP atau smartphone yang rusak atau terbakar karena masalah terlalu panas (overheating). Jadi sangat penting untuk mencegah smartphone  atau tablet android anda android anda dari overheating dan yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Smartphone Android Panas (Overheating)

Penyebab Smartphone Android Panas (Overheating)

Ada beberapa faktor yang umumnya menyebabkan smartphone menjadi panas berlebih antar lain.

1. Ukuran smartphone relatif kecil dan minimnya ventilasi

Ukuran smartphone relatif kecil dan minimnya ventilasi udara mejadi sebab paling umum yang menjadikan android cepat panas. Ukuran hp android yang kecil menajdikan panas yang dihasilkan tidak dapa di ratakan pada bidang yang lebih luas. Semakin besat atau luas sebuah smartphone maka ia akan semakin susah panas. Sama halnya ketika anda memanaskan sepotong besi kecil dengan besi besar maka besi ukuran kecil akan lebih cepat panas. Selain ukuran ventilasi yang minim juga menyebabkan panas tidak bisa segera dilepaskan di udara.

advertisement

2. Terlalu Banyak Bermain Game

Selain telepn dan video player, aktivitas gaming adalah aktifitas yang paling banyak menggunakan energi baterai. Jika anda terlalu sering bermain game dengan intensitas dan durasi yang tinggi maka smartphone akan cepat panas. Energi yang digunakan sangat besar. Ada baikknya anda mengurangi porsi waktu bermain game android atau bisa dengan memberikan jeda yang cukup agar baterai dan hp bisa beristirahat.

3. Browsing Internet

Hampir pasti pemilik smartphone akan menggunakan barang kesayangannya untuk berselancar di dunia maya. Browsing secara terus bisa jadi penyebab android menjadi cepat panas.

4. Baterai Lama

Bateri yang telah digunakan dalam durasi yang lama lebih cepat panas. Ini bisa menjadi salah satu penyebab android anda overheating.

Setelah mengetahui beberapa penyebab umum hp android panas berlebih, berikut beberapa langkah solutif untuk mengatasinya.

  1. Sebisa mungkin dikurangi durasi bermain game anda. Sudah terbukti jelas bahwa bermain game berlebihan bisa menjadi penyebab utama android overheating. Jika dibiarkan terus-menerus bisa berbahaya.
  2. Aktifkan Setingan yang memangk diperlukan. Jika sisanya tidak diperlukan matikan saja. Misalnya seperti wifi, paket data, GPS, alarm yang sudah tidak dipakai.
  3. Ganti baterai anda yang sudah terlalu lama. Anda dapat menggantinya dengan baterai yang sejenis dari toko resmi terdekat.
  4. Kurangi porsi online. Gunakan secukupnya. Jika dirasa aplikasi browsing sudah tidak dipakai jangan lupa untuk mematikannya.

Itulah tadi penyebab utama androin terlalu panas (overheating) dan langkah tepat untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat. Android anda ternyata juga lemot? Baca tips agar android tidak lemot.

advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *