Tips Agar HP Android Tidak Lemot Dengan Langkah Mudah

Apakah HP Android Anda lemot dan sering lag? Eittsss.. jangan langsung ganti HP tersebut dengan yang baru, karena bisa jadi masalah tersebut bukan berasal dari HP Anda, melainkan dari pengaturan yang tidak Anda lakukan secara benar. Bahkan, smartphone atau HP dengan spesifikasi yang tinggi pun bisa saja mengalami lag dan lemot kalau tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu untuk menghindarinya, silahkan Anda pelajari informasi tentang tips agar HP android tidak lemot, dengan tujuan agar Anda bisa menikmati manfaat HP tersebut tanpa mengalami masalah.

advertisement

tips agar hp android tidak lemot

1. Telitilah sebelum membeli

Tips pertama berhubungan dengan langkah awal yang Anda ambil! Tips agar HP android tidak lemot adalah dengan memperhatikan spesifikasi dapur pacu (prosessor dan RAM) yang dimilikinya. Semakin besar kapasitasnya, maka semakin baik kinerjanya, sehingga Anda memiliki keleluasaan untuk menjalankan berbagai aplikasi sesuai keinginan.


2. Bersihkan cache pada internal memori secara berkala

Penggunaan aplikasi, game, dan lain sebagainya meninggalkan cache pada perangkat smartphone Anda. Jika cache tersebut terlalu menumpuk di memori internal Anda, maka akibatnya akan menurunkan kualitas kinerja smartphone Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkannya secara berkala.

Ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk melakukan hal ini, seperti History Eraser, RAM Optimizer, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin melakukannya secara manual, silahkan baca buku manual perangkat Anda tentang cara membersihkan cache melalui pengaturan.


3. Hindari penggunaan terlalu banyak aplikasi secara bersamaan

Belajarlah untuk lebih efektif dan efisien dalam menjalankan aplikasi. Jangan biasakan untuk menjalankan terlalu banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan! Bagi smartphone dengan spesifikasi besar sih tidak apa apa, tapi kalau dirasa kinerjanya sudah agak lemot dan banyak mengalami lag, itu adalah indikasi bahwa Anda terlalu banyak menjalankan aplikasi secara bersamaan.

advertisement

Kebanyakan pengguna melakukan hal ini secara tidak sadar karena terlalu asyik dengan kegiatan yang dilakukan. Oleh karena itu, biasakanlah untuk lebih tertib dalam menjalankan aplikasi. Misal dengan menjalankan aplikasi yang diinginkan, dan menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan.


4. Hindari penggunaan live wallpaper

Saat Anda memasang live wallpaper atau background yang bisa bergerak dinamis, pasti hal tersebut membuat Anda merasa senang melihatnya. Namun tahukah Anda, bahwa jenis wallpaper tersebut bisa mengurangi kinerja dari smartphone Anda sehingga menjadi lemot dan sering lag. Apalagi kalau Anda menjalankan banyak aplikasi plus menggunakan live wallpaper! Bisa dipastikan kinerja smartphone Anda akan lebih lemot dibandingkan apabila Anda menggunakan wallpaper yang biasa.


5. Gunakan media penyimpanan ekternal untuk install aplikasi

Kapasitas penyimpanan internal yang terlalu penuh pun menjadi hal yang membuat kinerja HP Android Anda menjadi lemot. Oleh sebab itu, tips agar HP Android tidak lemot selanjutnya adalah dengan memastikan ketersediaan ruangan pada memori internal agar tetap cukup. Salah satu caranya adalah dengan menginstall aplikasi di memori penyimpanan eksternal.


6. Non-aktifkan auto rotate apabila dianggap tidak perlu

Salah satu kelebihan Android adalah fitur auto-rotate yang dimilikinya. Fitur ini memang canggih, akan tetapi saat melakukannya banyak tenaga yang digunakan oleh smartphone. Jika Anda merasa bahwa fitur ini tidak terlalu diperlukan, maka sebaiknya Anda non-aktifkan saja agar HP Android Anda tidak lemot.


7. Hapus SMS yang sudah tidak diperlukan

Penting untuk saya ingatkan kembali, bahwa kinerja smartphone berhubungan dengan kapasitas penyimpanan yang tersedia. Oleh karena itu, tips agar HP Android tidak lemot selanjutnya adalah dengan menjaga ketersediaan tersebut, misal dengan menghapus SMS yang sudah tidak diperlukan.

Demikianlah beberapa tips agar HP Android tidak lemot. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *